Etiket dan Prilaku di Bali

Perilaku sosial merupakan sesuatu yang mendefinisikan pendidikan seseorang. Cara Anda berprilaku ketika berada di daerah orang akan mencerminkan budaya sendiri. Etiket mengandung makna frasa tunggal yang mendefinisikan kode etik atau bagaimana seseorang berkomunikasi dengan yang lainnya. Sebagaimana diketahui bahwa pola-pola perilaku tiap-tiap negara bahkan tiap-tiap daerah berbeda-beda sehingga sangat penting bagi seseorang untuk memahami perilaku sosial dan etikanya sebelum mengunjunginya.

Apapun yang menjadi alasan Anda mengunjungi Bali, mengetahui etiket merupakan sebuah keharusan supaya kunjungan Anda tak terkendala. Anda juga dituntut untuk megetahui bagaimana pola interaksi sosial yang ada dalam suatu tatanan masyarakat lokal Bali, bagaimana berinteraksi degan komunitas Hindu yang merupakan mayoritas di Bali. Begitu juga bagaimana Anda berkomunikasi dengan kalangan Muslim yang jumlahnya cukup signifikan terutama ketika Bulan Puasa Ramadhan tiba.

Demikian juga Anda dituntut untuk mengetahui berbagai adat, acara-acara sosial keagamaan dan bahkan ikut terlibat didalamnya. Kalau misalnya Anda berpartisipasi dalam acara tersebut dan menolak untuk mengikuti segala ritual yang ada maka Anda akan dianggap tidak menghormati orang atau suatu komunitas tertentu. Etiket dan perilaku selama di Bali harus benar-benar mencerminkan kepribadian Anda yang positif supaya Anda bisa bergerak lancar dalam mengeksplorasi segala keindahan disana.

Masalah etiket ini sesungguhnya tak hanya penting ketika berhadapan dengan komunitas-komunitas sosial saja, melainkan juga ketika Anda mendatangi jamuan bisnis. Ada tata-norma tertentu yang perlu Anda ikuti ketika masuk dalam pertemuan bisnis di Bali. Sebagai contoh, ketika Anda berada dalam suasana rapat sebagai tamu maka sebaiknya  bagi Anda untuk minum atau makan ketika sudah ditawari sekalipun Anda tidak haus atau lapar. Dan patut diingat bahwa menggunakan tangan kiri dianggap sebagai penghinaan.

Etiket lainnya yang ada di Bali yang bisa dikatakan terbilang unik ialah dalam hal cara memanggil seseorang. Cara memanggil orang dengan jari Anda diatas merupakan cara yang buruk dan dilarang. Kesopanan merupakan kata kunci utama ketika Anda berkomunikasi dengan orang Bali. Makanya, sebelum pergi ke Bali memahami dan bahkan mempelajari berbagai aspek terkait dengan etiket ini mesti Anda lakukan.

Klik Tips Wisata Bali yang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • perilaku masyarakat bali
  • perilaku orang bali
  • Etiket
  • perilaku suku bali
  • pola sosial negara malaysia
  • pola manusia gambar interaksi
  • sikap orang bali
  • siluet orang
  • siluet orang banyak
  • siluet orang o

Tips Wisata , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah