Objek Wisata yang Penuh dengan Kreativitas Seni di Gianyar

Gianyar merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Bali, yang berbatasan dengan Denpasar, Badung, Bangli, dan Klungkung. Gianyar sampai saat ini sudah berusia 234 tahun. Uniknya tiap pemimpin kota Gianyar memiliki ciri dan gaya seni dalam memimpin. Masing-masing juga memiliki minat yang tinggi terhadap dunia seni. Karena itulah, seni dan seniman di Gianyar senantiasa menarik, apik, dan bahkan mendunia.

Kreativitas para seniman tersebut dapat Anda lihat di beberapa objek wisata berikut ini. Bentuknya beragam, ada yang berupa tarian, arsitektur, dan kerajinan.

1. Desa Batubulan

Desa Batubulan

Desa Batubulan blogspot

Ciri khas Desa Batubulan ialah seni tari kecaknya. Selain tari kecak, ada juga tari legong dan tari barong. Tarian adalah salah satu daya seni para seniman di Desa Batubulan, penduduk desa juga pandai mematung dan mengolah batu padas menjadi kreasi seni berkualitas tinggi. Sebagian lagi pandai melukis. Anda tertarik untuk melihatnya?

Alamat

Sukawati, Gianyar, Bali

Akses

Dari Gianyar, lokasi dapat dijangkau dalam waktu 30 menit melalui Jl. Raya Sakah

Peta

Lihat peta

2. Istana Tampaksiring

Istana tampak siring

Istana tampak siring static.panoramio

Istana Tampaksiring berada di Desa Tampaksiring. Rancang bangun Istana Tampaksiring menonjolkan kesederhanaan dan fungsinya sebagai wisma peristirahatan. Batu-batu alam dan batubata halus khas Bali sengaja ditonjolkan untuk menciptakan corak kedaerahan. Ukiran batu paras dan tiang-tiang kayu gaya Bali terasa padu dalam konsep arsitekturnya. Konstruksi beton digunakan untuk menerjemahkan rancang-bangun yang menuntut bentangan-bentangan lebar. Adapun elemen artistiknya, ukiran kayu dan batu, dikerjakan oleh para seniman Bali.

Alamat

Desa Tampaksiring, Tampaksiring, Gianyar, Bali

Akses

Lokasi dapat diakses dari Gianyar dalam waktu hanya 30 menit melalui Jl. Bakbakan—Petak Kaja

Peta

Lihat peta

3. Desa Celuk

Desa Celuk

Desa Celuk balidwipawisata

Desa Celuk merupakan sebuah desa yang terkenal sebagai penghasil kerajinan emas dan perak. Kalau Anda mencari kerajinan emas, datang saja ke Desa Celuk. Setelah memasuki gapura desa, Anda sudah disambut oleh deretan toko-toko yang menjual hasil kerajinan emas dan perak buatan warganya. Banyak kerajinan berupa gelang, kalung, anting, giwang dan lain-lain tersedia dengan tampilan yang cantik. Tak hanya perhiasan, ada juga peralatan dapur dan peralatan peribadatan terbuat dari emas dan perak. Mau belanja?

Alamat

Desa Celuk, Sukawati, Gianyar

Akses

Dari Gianyar, lokasi dapat dijangkau hanya dalam waktu 30 menit melalui Jl. Raya Sakah

Peta

Lihat peta

4. Desa Batuan

Pura Desa batuan

Pura Desa batuan media-cdn.tripadvisor

Desa Batuan dikenal sebagai salah satu desa seniman di  Bali, terutama di bidang seni lukis dan seni ukir. Di desa ini, Anda akan menyaksikan hubungan harmonis antara manusia dengan alam. Tiap rumah penduduk memiliki bangunan-bangunan yang punya fungsi tersendiri, diantaranya rumah meton untuk istirahat kepala keluarga, bale sakenan dan bale sakepat sebagai ruang tidur bagi anak, bale dingin sebagai tempat santai, ruang tamu, dan untuk menggelar acara keluarga, dan ruang untuk sarana ibadah di dalamnya ada pura kecil berada di sisi kiri pekarangan rumah.

Alamat

Jl. Raya Negara, Gianyar

Akses

 Lokasi dapat diakses dari Gianyar dalam waktu kurang lebih 30 menit melalui Jl. Raya Sakah

Peta

Lihat peta

5. Desa Mas

Desa Mas Bali

Desa Mas Bali blogspor

Desa Mas di Bali yang satu ini juga merupakan desa para seniman. Berbagai kreasi seni, budaya, dan religi berkembang baik dengan ragam inovasi yang menarik. Anda bisa mendapatkan berbagai macam seni kerajinan terbuat dari kayu, berupa topeng, patung, hiasan dinding dan lain-lain.

Alamat

Ubud, Gianyar, Bali

Akses

Hanya 20 menit dari kota Gianyar melalui Jl. Dharma Giri

Peta

Lihat peta

7. Desa Panglipuran

Desa penglipuran

Desa penglipuran balibesttrip

Keunikan Desa Panglipuran adalah tata ruang desanya yang rapi sehingga menimbulkan kesan harmonis dan cantik. Di pekarangan rumah setiap warga, Anda bisa menyaksikan tanaman hias, arsitektur pintu gerbang tiap rumah, serta penduduk desa yang mengenakan pakaian adat keseharian. Senyum ramah mereka merupakan hiasan keharmonisan tersendiri di desa itu. Ketika berdiri di jalan utama desa, Anda bisa melihat adanya sebuah Pura milik penduduk desa. Pura tersebut dikenal dengan sebutan Pengeling Pura yang dikeramatkan sebagia tempat suci para leluhur.

Alamat

Jl. Penglipuran, Bangli

Akses

Lokasi dapat dijangkau dari Gianyar dalam waktu kurang lebih 30 menit melalui Jl. Nusantara

Peta

Lihat peta

8. Pasar Seni Sukawati

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati photobucket

Pasar Seni Sukawati merupakan tempat di mana para seniman Bali menjual karya seninya. Selain karya seni berupa patung, lukisan, ukiran, dan lain-lain, di sini Anda juga bisa mencicipi kuliner khas Bali yang dijual oleh pedagang. Selain kerajinan dan kuliner, Anda juga bisa membawa pulang busana karya masyarakat Bali sendiri. Belilah kain-kain khas bali, seperti kain cepuk, endek, poleng, udeng, dan batik Bali. Pasar dibuka setiap hari mulai Pukul 08.00—18.00 WITA.

Alamat

Jl. Raya Sukawati Batubulan, Sukawati, Gianyar

Akses

Pasar dapat diakses dari Gianyar dalam waktu kurang lebih hanya 25 menit melalui Jl. Dharma Giri

Peta

Lihat peta

Nikmati juga objek wisata lain di Bali yang tak kalah menarik dari objek wisata yang ada di Gianyar, diantaranya Pasar KlungkungPura Penataran Sasih, Pantai Pengeragoan.

Hotel murah di Bali, ada Taman Selini Beach Bungalows Hotel, Adi Assri Hotel, Tirta Sari Bungalow

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 9 Mei 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • desa penglipuran bali
  • desa panglipuran bali
  • gambar kreativitas seni bali
  • kerajinan pada desa bakbakan

Spot Wisata , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah