Nuansa Surgawi di Jemeluk dan Amed

Objek wisata ini menjadi favorit kalangan wisatawan yang hobi dengan pariwisata tirta atau air seperti berenang, snorkeling atau diving. Yang menjadi daya tarik di daerah Jemeluk dan Amed ialah keindahan bawah lautnya yang super indah. Airnya juga sangat jernih dan tenang dengan hamparan batu karang yang begitu menawan sehingga banyak sekali ragam jenis ikan laut tropis yang hidup disini.

Kawasan wisata ini masih tergolong sepi dan tampak alami. Selain keindahan lautnya yang bisa dinikmati, di Jemeluk dan Amed juga bisa menyaksikan pembuatan garam tradisional yang dilakukan oleh penduduk sekitar. Di samping itu pemandangan alam di sini sangat mempesona bila dilihat dari tempat ketinggian dimana di atas Jemeluk dan Amed akan tampak gunung Agung di kejauhan, perbukitan dengan lembah dan jurangnya serta hamparan laut yang luas membiru dan perahu-perahu nelayan (jukung).

Adapun mengenai sejarah ihwal asal mula kawasan ini belum banyak yang diketahui yang lebih disebabkan karena ketiadaan bukti tertulis yang bisa digali lebih dalam lagi. Namun dari beberapa keterangan, disebutkan bahwa Jemeluk dan Amed ini telah ada sejak masa Kerajaan Karangasem, dimana dahulunya daerah ini termasuk dalam wilayah Perbekalan Culik.

Kawasan wisata ini meskipun masih sepi namun begitu mudah untuk dikunjungi karena kesediaan sarana dan prasarana yang demikian lengkap. Ada yang unik, dimana kondisi tanah di kawasan ini berbentuk miring dengan view perbukitannya yang aduhai dan kaki bukitnya langsung menyentuh laut. Dengan kondisi alam yang demikian maka di kawasan ini sangat jarang turun hujan dibandingkan daerah lainnya di Bali, sehingga tanahnya agak gersang.

Lokasi

Jemeluk dan Amed berada di kawasan yang termasuk Desa Purwakerti Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Jemeluk dan Amed bisa ditempuh dengan 2 jam jika dari Kota Denpasar. Bila dari Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem, hanya berjarak kurang lebih 20 km.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berwisata!

 

Incoming search terms:

  • amed
  • pantai jemeluk
  • amed karangasem
  • snorkeling di jemeluk

Spot Wisata , ,

Related Listing

1 Review

  1. Putu Lovina, 1 year ago

    Amed adalah obyek wisata yang sangat dikenal dikalangan wisatawan mancanegara. Disamping wisata bahari, amed juga sebagai tempat untuk menyebrang ke Gili Lombok. Suasana yang alami dan tenang amed merupakan pilihan berlibur yang cocok untuk orang2 eropa. Beberapa kali saya mengantarkan wisatawan ke daerah ini.

       -  

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah