Menelusuri Sejarah Goa Jepang

Tak lama Jepang menjajah Indonesia. Hanya 3,5 tahun. Sebagaimana diketahui paca penjajahan Belanda, Jepang mengambil alih Indonesia. Meski menjajah dalam tempo sebentar, namun banyak jejak yang ditinggalkan Jepang yang terkenal dengan “Restorasi Mesiji”-nya itu. Salah satu yang menjadi jejak-jejak peninggalannya itu adalah Goa Jepang.

Objek Wisata Sarat Aspek Historis

Ternyata Goa Jepang juga ada di Bali. Tepatnya di daerah Kabupaten Klungkung. Goa ini merupakan salah satu objek wisata budaya yang sarat dengan nilai historisnya. Goa ini merupakan salah satu kenang-kenangan yang dibuat Jepang dan berada di lokasi yang sangat strategis dibuat pada dinding tebing, dipinggir jalan Denpasar-Semarapura, diatas sebuah sungai bernama Tukad Bubuh.

 

Goa ini dibuat pada tahun-tahun pertama kali Jepang masuk ke Indonesia, tahun 1941-1942. Tujuan dibangunnya goa ini yakni sebagai lokasi perlindungan para tentara Jepang dalam upayanya mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu di masa Perang Dunia Kedua. Goa ini setidaknya memiliki 16 lubang dengan kedalamannya yang mencapai 14 meter dua diantaranya tidak berhubungan satu sama lainnya, satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi diujung sebelah utara, sedangkan yang lainnya dihubungkan oleh sebuah lorong  memanjang arah Utara Selatan.

Mayoritas masyarakat di sekitar lokasi goa bermata pencaharian seagai petani. Namun seriring dengan perkembangan Bali yang juga menuju ke arah modernitas, berbagi profesi dijalani masyarakat sekitar seperti karyawan atau pedagang. Dengan dijadikannya Goa Jepang ini sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Klungkung diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Sebagai bentuk dukungan untuk kepariwisataan Goa Jepang di tempat ini telah dibangun berbagai fasilitas seperti area parkir, sebuah taman kecil untuk sekadar melepaskan lelah, warung makanan dan berbagai art-shop. Bila Anda berkunjung ke Bali, Goa Peninggalan Jepang ini merupakan alternatif pilihan tujuan wisata yang harus Anda kunjungi.

Lokasi

Goa Jepang terletak di Dusun Koripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Kurang lebih 6 km dari arah barat Kota Semarapura. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Goa Jepang ini memerlukan waktu kurang lebih 80 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai bila menggunakan kendaraan bermotor dan kira-kira 43 km jarak tempuh perjalanan dari kota Denpasar.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berwisata!

 

Incoming search terms:

  • goa jepang
  • sejarah goa jepang
  • goa jepang bandung
  • goa jepang di bali
  • LEGENDA GOA JEPANG
  • jepang menjajah indonesia
  • goa jepang bali
  • sejarah goa jepang di bandung
  • peninggalan jepang
  • sejarah goa di klungkung

Spot Wisata , , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah