Marilah Berwisata Ke Desa Sebatu dan Pujung

Di Bali, tak hanya pantai, danau atau gunungnya saja yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata, sebuah desa pun bisa menjadi lokasi wisata menarik karena keunikan yang dimilikinya. Demikian halnya dengan Desa Sebatu dan Pujung yang sering dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata terkenal karena kerajinan ukiran-ukiran masyarakat lokalnya.

Tak jarang wisatawan-wisatawan asing maupun lokal berdatangan ke Desa Sebatu dan Pujung ini untuk tujuan melihat maupun membeli berbagai macam kesenian dan hasil kerajinan masyarakat yang mayoritas terbuat dari bahan kayu seperti patung yang berbentuk binatang, berbentuk antik lainnya, bunga-bungaan, dsb. Masyarakat di  desa ini sungguh luar biasa karena mayoritasnya memiliki darah seni yang mumpuni sehingga dari nenek moyang sampai ke generasi penerusnya hingga kini berbagai warisan kesenian tersebut masih dipertahankan dan dilestarikan.

Bertani dan Pematung

Masyarakat yang berada di Desa Sebatu dan Dusun Pujung ini memiliki mata pencaharian yang berganda, yakni selain sebagai petani juga sekaligus sebagai pematung. Adalah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang karena ketika mengunjungi Sebatu dan Pujung ini disepanjang jalan menuju ke dalam desa akan ditemukan banyak pematung yang asyik bercengkrama atau mengobrol sementara tangan mereka tak lepas dari ukiran kayu dengan pisau kecilnya.

Daya tarik sebagai pematung sehingga telah menghasilkan berbagai jenis patung, semakin dilengkapi dengan lokasi wisata berupa tempat persembahyangan umat Hindu Bali yang tergolong kuno, yakni Pura Gunung Kawi Sebatu (entah mengapa alasannya nama pura di Sebatu mirip dengan pura yang berada di Tampaksiring yakni Pura Gunung Kawi). Di lingkungan Pura Gunung Kawi Sebatu terdapat mata air yang sering kali digunakan untuk sembahyang umat Hindu ketika ke pura tersebut, juga sebagai tempat pemandian maupun untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar.

 

 

 

Berkunjung Ke Desa Sebatu

Desa ini sendiri terletak di sebelah utara Desa Tegallalang, yang juga termasuk di Kecamatan Tegallalang. Sementara Pujung merupakan sebuah dusun yang terdapat di Desa Sebatu. Desa Sebatu bisa dicapai dari kecamatan Ubud dengan jarak sekitar 12 km atau 20-30 menit perjalanan. Sedangkan dari Denpasar berjarak sekitar 38 km, dan berjarak sekitar 33 km jika ditempuh dari Kabupaten Gianyar.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berkunjung!


Incoming search terms:

  • sebatu
  • obyek wisata sebatu
  • seni patung indonesia

Spot Wisata , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah