Goa Air Suci dan Goa Ular Suci

Goa Air Suci dan juga Goa Ular Suci masuk dalam kawasan wisata Pura Tanah Lot. Letak keduanya pun berdekatan dimana Goa Air Suci berada dibawahnya sementara Goa Ular Suci tepat berada di depan Goa Air Suci.

Minum Air Suci

Goa Air Suci memiliki kedalaman sampai lima meter dengan pemandangan di sekitarnya yang sungguh luar biasa.

Disebut Goa Air Suci karena konon goa ini bisa mengalirkan air suci yang berasal dari tengah laut. Di dalam goa ini terdapat sebuah patung dengan tinggi lebih kurang setengah meter berwujud Ida Pedanda Danghyang Dwijendra. Sosok ini merupakan seorang pendeta yang tengah melakukan pemujaan di lokasi ini.

Di dalam goa setiap pengunjung bisa meminum air suci tersebut atau sekadar membasuh tangan dan wajah yang konon banyak manfaatnya. Salah satunya diyakini bahwa air suci ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang tengah diderita. Atau bahkan bagi mereka yang ingin punya anak, dengan meminum air suci di goa ini dipercaya bisa diberikan anak.  Sehingga karena itu pula disebut dengan air kesuburan.

Maka itu, banyak pengunjung yang datang ke goa ini hanya untuk meminta air suci tersebut untuk menyembuhkan penyakit atau sekadar memiliki keturunan. Setiap pengunjung yang datang di Goa Air Suci tidak akan dipungut biaya, hanya saja terdapat sebuah kotak donasi bilamana ada pengunjung yang berkeinginan menyumbang secara sukarela untuk pemeliharaan tempat ini.

Sedangkan Goa Ular Suci berada persis di depan Goa Air Suci, yang di dalamnya terdapat beberapa ular yang dianggap suci karena keberadaannya memang sudah ada dengan sendirinya. Ular-ular suci yang berada di dalam gua ini adalah ular berwarna Poleng (hitam-putih), yang memiliki panjang rata-rata 1,5 meter dan keberadaannya oleh masyarakat setempat diyakini milik dewa yang bersemayam di tempat ini.

Konon, ular-ular poleng tersebut berasal dari potongan-potongan sabuk atau stagen Saci Dewi yaitu saktinya Dewa Indra. Menurut legenda masyarakat setempat, kisahnya berawal dari Saci Dewi yang turun ke bumi hendak berbelanja di pasar dekat Alas Kendung (saat ini dekat Pura Pakendungan). Pada saat itu Saci Dewi dalam keadaan mengandung.

Lokasi

Terletak di desa Beraban yakni 13 Km sebelah barat Tabanan. Sekitar 20-30 menit jika perjalanan ditempuh dari Kuta atau Denpasar.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • ular suci tanah lot
  • ular suci di tanah lot bali
  • ular tanah lot
  • ular suci di tanah lot
  • ular suci
  • air suci tanah lot
  • air suci di tanah lot
  • ular di tanah lot
  • legenda tanah lot
  • ular suci di bali

Spot Wisata , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah