Ini Daftar Kuliner Khas Bali Favorit Para Pelancong

Bali, salah satu provinsi di Indonesia yang sangat digandrungi pelancong dari berbagai negara. Pelancong-pelancong ini selalu ketagihan dengan objek wisata Bali. Bagaimana tidak? Panoramanya bak surga, budaya dan keseniannya memanjakan mata, keramahan warganya tak perlu diragukan, serta kulinernya sangat khas.

Bumbu kuliner Bali yang khas diakui banyak pelancong menjadi sebuah citarasa tersendiri. Rempah-rempah yang kuat dengan cara masak yang unik, membuat pelancong dari berbagai negara tak mau melewatkan satu pun kuliner khas Bali. Nah, berikut ini merupakan daftar kuliner khas Bali yang diminati para pelancong!

1. Betutu

Ayam Betutu

Ayam Betutu duniainter

Menu ini merupakan lauk yang enak disantap bersama nasi hangat. Betutu dibuat dengan bahan utama ayam, kadang ada juga yang menggantinya dengan bebek. Daging ayam yang masih utuh diisi dengan bumbu kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu memiliki nilai sakral karena disajikan pula dalam upacara-upacara adat. Saat ini betutu dapat Anda nikmati di restoran seantero Bali, khususnya tempat-tempat wisata dan hotel.

2. Babi Guling

babi guling

babi guling media.holidaycheck

Menu ini merupakan lauk yang dibuat dari anak babi, bisa jantan maupun betina. Cara masaknya sangat unik, perut anak babi diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon, wortel, kubis, dan lain-lain. Tidak lupa bumbu rempah. Kemudian daging babi tersebut dipanggang sambil diputar-putar sampai matang. Saat matang, kulit daging babi terlihat berwarna kecoklatan dan tercium bau sedap. Babi guling juga memiliki nilai sakral diantara orang Hindu, sebab babi guling dulunya merupakan makanan yang disajikan dalam upacara adat dan upacara keagamaan.  Sekarang, Anda bisa menikmati babi guling di warung-warung, restoran, dan hotel-hotel di Bali.

3. Be Pasih Mesambel Matah

Sambal Matah

Sambal Matah kidnesia

Baca pelan-pelan nama menu tersebut, terlintas kata ‘sambal’ bukan? Ya, menu ini emang makanan yang segar dan terasa pedas. Be Pasih Mesambel Matah berarti ikan laut sambal mentah. Berbahan utama ikan laut yang ditaburi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam, dan kencur. Bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, dan garam. Kadang ada juga yang suka ditambahkan dengan minyak kelapa asli dan perasan air jeruk limau. Makanan ini enak disantap dengan nasi, plecing kangkung, dan disertai dengan daun kemangi.

4. Lawar

Lawar Bali

Lawar Bali sajianku

Menu makanan ini berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui, kadang ditaburi parutan kelapa. Kadangkala untuk menambah sensasi rasa pada lawar, menu ini ditambahi dengan darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah cita rasa. Lawar tidak dapat bertahan lama, jika didiamkan terlalu lama di udara terbuka rasanya akan berubah dan cepat membusuk. Jadi, sebaiknya cepat disantap ya!

5. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang balikuniki

Rujak Kuah Pindang merupakan menu kombinasi dari beberapa buah-buahan segar. Buah-buahan tersebut biasanya terdiri dari bengkoang, kedondong, mentimun, belimbing, pepaya, dan mangga. Buah-buahan ini dibumbui seperti ketika membuat rujak terlebih dahulu, yang terdiri dari cabai, garam, dan gula merah. Setelah itu, rujak ditambahi dengan kaldu yang terbuat dari ikan pindang, garam, terasi, dan cabai. Semua bahan kaldu tersebut digiling sampai lebut terlebih dahulu sebelum dicampur dengan rujak. Dalam menyajikannya, rujak tidak perlu ditambahi air lagi sebab sudah dicampur dengan kuah ikan pindang tersebut.

6. Rujak Manis

Rujak Manis

Rujak Manis resepumi

Menu ini amat sederhana tapi banyak yang menyukai. Terutama karena sangat cocok dinikmati ketika panas terik. Rujak manis merupakan menu semacam salad yang terbuat dari buah-buahan segar. Buah-buahan tersebut dipotong kecil-kecil kemudian dibumbui dengan saus pedas manis, yang terbuat dari cabe, garam, kacang tanah, asam, jeruk nipis, dan gula merah. Buah-buahan yang hanya diminati pelancong biasanya mangga muda, bengkuang, salad, pepaya setengah matang, dondong, jambu, timun, dan belimbing. Rujak manis mudah didapat, biasanya banyak pedagang kaki lima di objek-objek wisata Bali menjualnya dengan harga murah.

Rasanya tidak ingin melewatkan kelezatan keenam makanan tersebut di atas bukan? Benar-benar menggoda. Nikmati juga objek-objek wisata Bali yang menawan seperti Soka Adventure Park, Pantai Antap Tabanan, Pantai Yeh Leh

Hotel murah di Bali, ada Kokonut Suites Hotel, Taman Wana Villas & Spa, Suma Beach Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 6 Mei 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Restaurants , , , , , , , , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah