Napak Tilas Kisah Cinta di Balik Teluk Terima Bali

Kisah romantis Romeo-Julliet mungkin sudah Anda ketahui, bahkan kisah ini juga sudah difilmkan. Anda tentu tahu inti dari cerita tersebut yang berupa percintaan dua orang manusia. kalau Anda mau menyimak, di Bali ada sebuah arca pasangan Jaya Prana dan Layon Sari yang menceritakan tentang kisah kesetiaan Layon Sari terhadap Jaya Prana.

pura jayaprana

pura jayaprana selisikbali.wordpress

Berkunjung ke Teluk Terima Bali, akan membuat Anda bisa menyimak kisah percintaan keduanya. Ringkasnya, berikut kisah singkatnya:

Diceritakan bahwa Jaya Prana merupakan anak sebatang kara yang telah dibesarkan oleh Raja Buleleng yang bergelar Anak Agung. Setelah beberapa lama, ia mendapat ijin menikah dengan seorang gadis bernama Layon Sari. Kecantikannya ternyata membuat Raja Buleleng, ayahanda Jaya Prana cemburu dan hendak memilikinya. Niat itu pun membuat Raja Buleleng buta mata dan hati sehingga menjebak Jaya Prana untuk menumpas perompak di pantai paling utara Pulau Bali.

Ketika Jaya Prana hendak pergi, ternyata Raja Buleleng justru mempersiapkan kematian untuk Jaya Prana. Tanpa curiga, Jaya Prana tetap menjalankan perintah tersebut. Ketika Jaya Prana tiba di Teluk Terima, perdana menteri yang telah diutus raja untuk membunuh Jaya Prana pun menghadangnya. Singkat cerita, Jaya Prana kalah dalam membela diri. Jaya Prana kemudian dikuburkan di sekitar Teluk Terima.

Makam Jayaprana

Makam Jayaprana welovebali

Mengetahui suaminya telah tiada, Layon Sari pun akhirnya menyusul Jaya Prana dan bunuh diri di teluk yang sama. Akhirnya kuburan keduanya kini sering diperingati oleh umat Hindu maupun umat lainnya. Masyarakat membangun pura yang amat kokoh berdiri. Di sana, juga terdapat dua arca yang menjadi simbol Layon Sari dan Jaya Prana. Sampai sekarang, keduanya juga menjadi simbol kesetiaan di tengah-tengah masyarakat Hindu Bali.

Selain kisah cinta yang inspiratif, menyambangi lokasi sambil berziarah akan membuat Anda menyaksikan pemandangan laut yang indah di balik pura. Harap berhati-hati pula ketika berada di sekitar pura, sebab tempat itu juga menjadi lokasi hunian para monyet liar. Mereka suka jahil pada pengunjung dan sering pula mengambil sesaji.

Lokasi ini bebas dari fasilitas wisata seperti infrastruktur warung, restoran, resort dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lokasi ini masih memiliki nuansa pemandangan alam yang alami dan kental dengan spiritual. Anda bisa menjumpai pemecah ombak berupa hutan bakau alami dengan akarnya yang kokoh, juga berguna sebagai penghalang ombak pasang.

Sepanjang perjalanan menuju pura Jaya Prana dan Layon Sari, Anda bisa menikmati pemandangan hutan sekitar Teluk Terima yang masih hijau. Terkadang Anda juga bisa menyaksikan petani lokal sedang mengolah pertanian mereka yang bersistem tumpang sari.

Alamat

Masuk dalam wilayah taman nasional Bali barat

Akses

Anda bisa menjangkau lokasi dari Pelabuhan Gilimanuk, kurang lebih 20 menit sampai di taman nasional Bali Barat, kemudian dilanjutkan dengan naik kapal lokal, kurang lebih dalam waktu 15 menit sudah sampai di tujuan.

Peta

Lihat peta

Nikmati juga lokasi wisata Bali lainnya seperti 5 objek wisata pantai berpasir putih di Bali, Pantai Bingin, dan ziarah suci ke Pura Alas Jagasari

Hotel murah di Bali, ada Junjungan Ubud Hotel & Spa, Taman Wana Villas & Spa, dan Suma Beach Hotel

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Agustus 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kesadaran dalam agama hindu
  • kisah cinta dari bali
  • kisah jaya prana dan layonsari
  • objek yang terdapat di pura teluk terina
  • Pura Lempuyang Luhur Kabupaten Karangasem Bali 80852
  • pure teluk terime

Pura Hindu Bali , , , , , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah