Negara Bull Race di Bali

Orang-orang Bali sangat bangga dengan budaya dan tradisi mereka yang sangat kaya dan prestisius. Wajar karena Bali menyimpan sejuta keanekaragaman budaya, ada istiadat serta acara keagamaan yang belum tentu dipunyai oleh warga daerah lainnya. Selain daerahnya yang indah, Bali juga menyimpan keunikannya tersendiri dalam soal tata-sosial dan keajegan kemasyarakatannya yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu.

Bali kerap merayakan berbagai festival baik itu tahunan, semeteran, triwulanan, maupun bulanan yang bukan hanya diselenggarakan oleh warga Bali sendiri namun juga oleh segenap para turis yang berkunjung ke Bali. Biasanya warga Bali dan turis asing bahu-membahu dalam membuat sebuah perayaan dan berusaha menafikan warga asli dan pendatang. Hal itu pulalah yang membuat banyak turis betah berada di Bali karena mereka tak akan merasa canggung dengan sikap dan penerimaan warga asli Bali yang terbuka dan inklusif.

Salah satu acara di Bali yang kerap dilaksanakan ialah Negara Bull Race yang merupakan sebuah tontonan yang sungguh fantastis dan sanggup menghibur para penontonnya. Negara Bull Race biasanya diadakan di perancak, agak jauh dari Negara, dimana acara ini merupakan salah satu dari tradisi Bali. Sebuah acara yang unik, dimana banyak orang menyebut perayaan yang konyol, namun bagi banyak orang lainnya disebut-sebut menghibur dan patut ditonton.

Negara Bull Race merupakan persaingan antara banyak sapi yang dikendarai oleh seorang joki dalam satu trek lurus dan hanya satu jalur. Sapi-sapi yang dipertandingkan merupakan sapi jantan dan dipilih secara hati-hati, didasarkan pada kekuatan dan warna yang kemudian sapi-sapi tersebut dibubuhi ornamen-ornamen khas dan dicat sehingga tampak gagah dan enak dipandang mata. Adapun yang menjadi penilaiannya ialah kecepatan dan gaya si sapi, dimana sapi yang menang akan secara spontan menaikkan gengsi sapi dan tentunya pemiliknya juga.

Negara Bull Race ini biasanya diadakan pada bulan Juni atau Juli di hari Minggu. Asal-usul tradisi ini belum tertelusuri dan banyak orang yang mengira bahwa tradisi ini merupakan perayaan akhir musim panen padi.

Klik Spot Wisata di Bali yang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Incoming search terms:

  • bull race

Festival , ,

Related Listing

Place Your Review

Rate this place by clicking a star below :

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah