Cara Masyarakat Bali Menyambut Bulan Ramadhan

Masyarakat Bali mayoritas menganut agama Hindu, namun saat menjelang bulan Ramadhan, masyarakat Bali penganut Islam sangat antusias dalam melakukannya. Mereka bergotong royong dengan umat lain untuk melaksanakan tradisi khusus menyambut Bulan Ramadhan.

bali

bali images.detik

Di Bali, sejumlah lembaga seperti masjid dan kelompok-kelompok masyarakat secara rutin melakukan kegiatan sosial. Umat muslim di Bali menyambut Ramadhan dengan menyantuni anak yatim, kaum duafa, dan para mualaf. Kegiatan sosial ini sudah dilaksanakan secara rutin setiap menjelang Ramadhan.

bali bazar

bali bazar blogspot

Kegiatan menyambut datangnya Ramadhan di Bali juga dilakukan dengan cara mengadakan lomba membaca Al Quran. Lomba membaca Al-Qur’an dibagi menjadi dua, yaitu dilaksanakan secara tartil maupun dengan qiroat. Semaraknya anak muda dalam menyambut bulan Ramadhan di Bali dalam lomba tersebut menggambarkan adanya semangat kaum remaja setempat untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan ilmu pengetahuan.

Orang-orang Bali juga menyediakan olahan kuliner khusus saat Bulan Ramadhan. Masyarakat menyediakan sate susu. Sate susu dapat Anda jumpai di Bali hanya pada bulan Ramadhan, karena sate susu merupakan makanan khas bulan Ramadhan bagi masyarakat asli Bali. Makanan ini terbuat dari daging kantung susu sapi yang diberi beberapa bumbu rahasia. Daging kantung susu sapi yang sudah dibumbui kemudian dibakar di atas arang, dimasak seperti halnya sate-sate pada umumnya. Sate susu khusus Bulan Ramadhan ini juga dijual untuk umum lho! Anda bisa membawanya pulang dengan biaya sebesar Rp 10.000 ribu saja.

Ngabuburit

Ngabuburit thejakartapost

Yang lebih unik lagi, tradisi penyambutan bulan Ramadhan terjadi di kampung muslim Bali, Desa Air Kuning, Jembrana, Bali. Anda bisa mendengarkan kesenian rebana ditabuh secara khusus dengan menggunakan lirik berbasaha Arab dan bahasa Melayu. Dengan berkunjung ke Desa Air Kuning, Anda pun bisa mengapresiasi adanya aransemen lagu-lagu Islami menggunakan irama khas Bali.

Menarik bukan? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Bali saat bulan Ramadhan dan nikmati suasanya!

Jangan lupa kunjungi objek wisata seperti situs wisata populer di Kabupaten Karangasem, objek wisata seni Gianyar, dan Kawasan Wisata Selam Nusa Penida.

Hotel murah di Bali, ada Junjungan Ubud Hotel & Spa, Ramada Resort Camakila, Taman Wana Villas & Spa

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Juni 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • Ramadhan di bali
  • bali ramadhan
  • ramadhan 2015 in bali
  • menyambut ramadhan di bali
  • menyambut bulan ramadhan rebana
  • lomba untuk masyarakat untuk bulan ramadhan
  • contoh bazar menyambut bulan ramadhan
  • Cara menyantuni muallaf d bulan ramadhan
  • bulan ramadhan di bali
  • bulan puasa di bali

Festival , , , , , ,

Related Listing

Review has already been inserted from this machine. So no other reviews are allowed from this machine on this post.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Inquiry

Captcha Verification
captcha image
Hotel Murah di Bali
by Hotel Murah